Berita

Card image cap
Program Studi
7 Desember 2021

UNMUL Laksanakan Workshop Penyusunan Mata Kuliah Free Form


Tim Merdeka Belajar Kampus Merdeka di Universitas Mulawarman (UNMUL) menyelenggarakan Workshop Penyusunan Mata Kuliah Free Form yang dilaksanakan pada Selasa, 30 November 2021 di Ballroom Hotel Midtown Samarinda. Acara ini sendiri dihadiri oleh Wakil Rektor Bidang Akademik, Prof. Dr. Ir. Mustofa Agung Sardjono, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Dr. Ir. Encik Akhmad Syaifudin, MP, Ketua LP3M, Prof. Dr. Lambang Subagiyo, M.Si, Koordinator Program Studi dan Ketua Jurusan yang hadir secara daring dan luring.

Selaku Ketua Panitia Pelaksana, Dr. Sudarman, M.Pd menyampaikan bahwa pada kesempatan kali ini merupakan momen yang penting bagi para Koordinator Program Studi untuk memahami dan juga sekaligus menjadi pemeran untuk menyampaikan tentang apa itu Mata Kuliah Free Form yang perannya juga tentunya diketahui oleh Wakil Dekan 1 dan 3 masing-masing Fakultas. “Undangan yang tertulis ada sekitar 128 orang, namun yang saya ketahui ada sekitar 160 orang yang berkeinginan untuk mengikuti acara ini. Sungguh antusiasme yang luar biasa dari seluruh Program Studi di Universitas Mulawarman,” jelasnya. Terakhir, Dr. Sudarman  mengutip sebuah kalimat yang bagus, yaitu jangan membuang hari ini dengan mengkhawatirkan hari esok.

Rektor UNMUL yang dalam hal ini diwakili oleh Wakil Rektor Bidang Akademik, Prof. Dr. Ir. Mustofa Agung Sardjono sekaligus membuka acara ini mengatakan bahwa program MBKM atau Merdeka Belajar Kampus Merdeka merupakan tantangan besar bagi Universitas atau Perguruan Tinggi. “Kita diwajibkan untuk menyampaikan hak mahasiswa guna memperoleh pengetahuan dan pengalaman dalam program MBKM dengan jumlah yang cukup besar yaitu 60 sks yang terbagi atas tiga semester,” tegas Prof. Agung.

Selain itu juga, dalam Workshop Penyusunan Mata Kuliah Free Form UNMUL ini dilaksanakan pada Selasa, 30 November 2021 juga terdapat penyampaian materi pertama dengan judul Kebijakan Konversi dan Ekuivalensi SKS Kegiatan MBKM di UNMUL oleh Prof. Dr. Ir. Mustofa Agung Sardjono dan materi kedua dengan judul Mata Kuliah Free Form yang disampaikan oleh Dr. Sudarman, M.Pd.(hms/tik)

Foto: Reza Maulana Yusuf